11 Desember 2008

Shortcut Auto Complete Mudah dengan CTRL+Enter

Mungkin Anda belum tahu, bahwa ternyata ada lumayan banyak hal yang bisa dikerjakan oleh dua tombol tersebut. CTRL+Enter.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan shortcut keyboard CTRL+Enter tersebut? Mari kita jelajah satu per satu.

Bagi Anda yang suka surfing, biasanya seringkali kita ingin mengetikkan url sesingkat mungkin. Nah gabungan dua tombol ini juga fungsi pada browser. Kebanyakan browser mendukung penggunaan shortcut ini.

Pada browser, shortcut CTRL+Enter akan secara otomatis menambahkan http dan .com pada url yang sedang Anda ketik. Jadi ketika Anda mengetik google dan kemudian Anda tekan CTRL+Enter. Secara otomatis url-nya akan menjadi http://google.com.

Kombinasi lain yang dapat dipakai pada browser adalah Shift+Enter dan CTRL+Shift+Enter. Shift+Enter berguna untuk menambahkan .net. Sedangkan CTRL+Shift+Enter berguna untuk menambahkan .org.

Nah, jika Anda menambahkan tombol ALT pada semua shortcut di atas. Maka hasil dari kombinasi di atas akan terbuka pada window baru. Misal, jika Anda mengetik google kemudian menekan ALT+CTRL+Enter maka akan terbuka jendela baru dengan alamat http://google.com.

Nah lumayan banyak kan fungsinya.