18 Desember 2008

Mempercepat Windows Vista di Notebook/Laptop

Bagi pengguna notebook, masalah start up, shutdown dan daya tahan baterai merupakan hal penting. Tentu sangat menjengkelkan jika kita terlalu sering mencari colokan listrik untuk menghidupkan notebook.

Salah satu penyebab baterai notebook/laptop cepat habis adalah proses booting start up dan shutdown yang banyak menghabiskan tenaga. Sering saya lihat notebook teman-teman saya menghabiskan sampai 3% kapasitas baterai hanya untuk start up.

Nah kali ini, blog tips trik lengkap ini akan berbagi bagaimana caranya supaya baterai notebook tahan lama.

Disable transient multi-monitor manager untuk mempercepat waktu booting.
Microsoft menambahkan fungsi TMM ini untuk memudahkan user pengguna laptop menggunakan beberapa monitor. Fungsi utamanya adalah untuk mendeteksi jika ada monitor baru disambungkan. Nah jika anda termasuk orang yang tidak memerlukan fungsi ini, lebih baik non-aktifkan saja bukan? caranya.

Klik kanan pada my computer pilih manage.
Kemudian menuju 'Task scheduler\Task scheduler library\Microsoft\Windows\MobilePC. Untuk menonaktifkan TMM, klik kanan dan pilih disable.

Tweak Power Saving Option Vista

Dengan melakukan tweak ini, daya tahan baterai laptop anda akan bertambah. Power Option windows Vista mengijinkan anda untuk meng-customize lebih lanjut. Untuk membuat profil power sindiri, klik start menu, dan ketik power. Tekan Enter.

Di windows power option pilih create a new power plan. Pilih power saver sebagai template default dan beri nama baru. Kemudian klik next.

Pilih display atau sleep option sesuka anda, kemudian klik ok.

Plan anda sudah jadi. Select dan pilih change plan settings, kemudian change advance power settings.