23 November 2008

Membuat Baterai iPod Tahan Lama

iPod nano (Product) RedBagi pengguna peralatan gadget mobile. Ketahanan baterai merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga dengan para pengguna iPod. Anda tentu saja sangat tidak ingin kenikmatan anda mendengarkan lagu favorit terputus di tengah jalan.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara terbaik untuk merawat baterai iPod kita sehingga bisa bertahan lama. Apa saja sih langkah yang harus kita lakukan agar baterai iPod tahan lama? Apakah sulit melakukannya? Tenang sodara, kita hanya perlu melakukan langkah-langkah mudah yang dilaksanakan secara rutin. Ini dia caranya sodara-sodara.

1. Biasakanlah mencopot headset dari colokannya saat iPod sedang tidak digunakan.

2. Karena baterai iPod terbuat dari Lithium Polimer yang memiliki siklus charging sekitar 500 kali, jangan terlalu sering melakukan isi ulang baterai. Sebaiknya, copot dulu cover atau casing tambahan iPod sebelum melakukan charging.

3. Jangan menunggu baterai Anda hingga habis total baru melakukan isi ulang. Walau sedang tidak digunakan, iPod tetap memakan arus listrik dari baterainya meski sangat kecil. Hal inilah yang menyebabkan baterainya lambat laun menjadi kosong. Idealnya, jika iPod Anda jarang digunakan, recharge baterainya minimal sekali setiap tiga minggu.

4.Buatlah album atau playlist, lalu putar musiknya dari situ. Alasannya, jika Anda kerap memutar track baru yang belum tersimpan dalam cache iPod, harddisk iPod mesti berputar untuk mengakses lagu tersebut. Makin sering berputar, makin besar pula energi baterai yang terpakai.

5. Idealnya, simpan format kompresi seperti AAC dan MP3 di iPod. Hindari file berformat WAV atau AIFF yang tidak dikompresi dan berukuran besar. Format tersebut memang menghasilkan kualitas suara yang bagus, namun harddisk iPod mesti bekerja lebih keras untuk memutarnya. Sebagai informasi, cache iPod bekerja paling efisien dengan lagu-lagu yang berukuran kurang dari 9MB.

6.Minimalisir penggunaan backlight pada iPod, kalau perlu matikan saja fitur tersebut. Anda bisa mengatur waktu nyalanya melalui opsi [Settings] > [Backlight Timer].

7.Pastikan iPod Anda memiliki update software terbaru dari Apple.

8.Sebaiknya, gunakan iPod secara reguler supaya elektron-elektron yang ada dalam baterai Lithium terus aktif bergerak.

9.Ketika tidak dipakai, selalu aktifkan tombol geser iPod ke posisi Hold untuk mencegah kontrol iPod tertekan secara tidak sengaja.

10.Menambah fitur EQ (Equalizer) ke playback akan banyak memakan daya iPod Anda. Matikan saja fitur tersebut saat tidak diperlukan. Tapi jika Anda ingin menambah EQ ke track yang ada di iTunes, pastikan Anda menyeting EQ ke opsi [Flat] untuk menonaktifkannya.

11. Baterai iPod bekerja paling baik pada suhu kamar (sekitar 20 derajat Celcius), meskipun secara umum dapat digunakan antara suhu 0-35 derajat Celcius. Jika Anda kebetulan meninggalkannya di tempat dingin, biarkan suhunya turun dulu seukuran temperatur kamar sebelum menyalakannya.