16 Desember 2008

GParted : Cara Mempartisi HDD Windows Vista

Dahulu, mempartisi harddisk hanya dapat dilakukan saat sedang melakukan instalasi sistem operasi. Akan tetapi sekarang, Anda bisa mempartisi harddisk Anda saat sudah ada sistem operasinya. Bahkan jika datanya sudah banyak. Apapun sistem operasinya. Begitu juga dengan Windows Vista.

Salah satu solusi cerdas untuk mempartisi harddisk Anda adalah dengan menggunakan GParted LiveCD. Sistem operasi Linux yang dikhususkan untuk manajemen partisi harddisk menggunakan program GParted. Mungkin Anda bingung. Mau partisi Windows Vista kok pake Linux? Yap, tenang saja. Hal ini bisa dilakukan dan cukup mudah kok. Jangan bayangkan linux itu susah ya. hehe.

Memang biasanya setelah melakukan perubahan partisi pada Windows Vista. Apalagi jika Anda me-resize boot/system. Anda perlu me-repair Windows-nya. Tapi tenang saja. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah.

Pertama, download dan burn GParted LiveCD. Klik di sini untuk mendownload. Anda bisa menggunakan cd burning software untuk membakar file .iso CD tersebut.

Boot komputer Anda menggunakan CD tadi. Anda akan segera melihat tampilan GParted. Pilih harddisk yang ingin anda ubah partisi nya dari menu dropdown list.

Klik kanan pada partisi yang ingin Anda resize/move.

Sekarang Anda bisa resize/move dengan drag mouse atau dengan mengisi kolom inputan.

Jika Anda sudah selesai dengan pengubahan. Jangan lupa klik tombol Apply.

Lama proses pengubahan partisi Anda tergantung pada berapa besar ukuran harddisk dan isinya.

Setelah selesai. Coba boot Windows Vista Anda. Biasanya akan ditemui error sebagai berikut.

Tidak usah panik saudara. Masukkan DVD instalasi Windows Vista Anda ke dalam drive. Kemudian booting dengannya. Pada Welcome Screen, klik next.

Kemudian klik, "Repair your computer" link di sebelah kiri bawah.

Kemudian kotak dialog System Recovery Options keluar menanyakan pada Anda apakah akan melakukan repair atau tidak.

Setelah restart. Windows Vista akan menjalankan check disk. Tunggu saja proses ini sampai selesai.